Kelompok Tani Champions Cabe Lombok Timur

14
Sep 2023
Kategori : Article
Penulis : admin
Dilihat :174x

Kelompok Tani Champions adalah istilah untuk menyebut petani maju yang dikoordinasikan oleh Kementerian Pertanian bersama Dinas Pertanian untuk menjadi penggerak bagi petani – petani atau kelompok tani lainnya di daerah sendiri atau lainnya sebagai penghasil cabe. Petani Champions memiliki perananan penting dalam mengatur pola tanam untuk mengamankan stok cabai pasaran sehingga dapat menstabilkan stok dan harga cabai di pasaran. Kelompok tani yang masuk atau terdaftar sebagai petani champion akan mendapatkan perhatian khusus dari Kementerian Pertanian RI, Berupa sarana produksi seperti pupuk.

Kelompok Tani UD. Ganang Putra, merupakan salah satu anggota Champion Cabai yang melakukan budidaya cabai di daerah Lombok Timur. Bapak H. Subhan selaku ketua Kelompok Tani UD. Ganang Putra saat ini yang merupakan Kelompok Tani di bawah binaan Kementerian Pertanian. Untuk meningkatkan hasil produktifitas tanaman cabai, Kelompok Tani UD. Ganang Putra juga menjalin hubungan baik dengan Rumah Bio Indonesia dari segi pengendalian hama penyakit yang ramah lingkungan (Pengendalian Hama Terpadu).

Penggunaan Likat Kuning merupakan salah satu produk dari Rumah Bio Indonesia untuk pengendalian hama/serangga dengan menggunakan kertas atau plastik bewarna kuning yang dilapisi perekat. Penggunaan warna kuning didasarkan pada fakta bahwa serangga tertarik pada warna cerah mencolok. Kemudian likat kuning juga bisa membantu petani mengetahui tingkat serangan hama dan mengukur penggunaan pestisida yang wajar.

Tidak ada komentar

Tinggalkan komentar