Sukseskan Demplot Padi Organik di Desa Sidorejo Kec. Kedungtuban Kab. Blora

20
Des 2023
Kategori : Article
Penulis : admin
Dilihat :94x

Padi Organik merupakan teknologi budidaya terbebas dari penggunaan bahan kimia, Padi organik mulai di kembangkan untuk menanggulangi dampak secara tidak langsung dari penggunaan pupuk kimia dan pestisida kimia. Desa Sidorejo, Kecamatan kedung tuban Kabupaten Blora merupakan salah satu desa yang sudah menerapkan Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB). Penduduk Desa Siderejo, sudah menyadari penggunaan pupuk kimia secara terus menerus sudah menurunkan potensi fungsi tanah, mulai dari penggunaan pupuk dengan dosis tinggi namun hasil panen padi tidak maksimal, kemudian hama yang sudah resisten dengan berbagai macam penggunaan pestisida kimia hingga kegagalan terbesar tidak dapat menikmati panen selama kurang lebih 2 tahun belakang Akibat permasalahan tersebut, penduduk Desa sidorejo mulai beralih menjadi semi organik bahkan sudah ada beberapa petani yang menerapkan dilahan mereka full organik tanpa menggunakan bahan kimia. Potensi pertanian di Desa Sidorejo cukup tinggi, mereka percaya dengan beralih organik mampu meningkatkan Kesehatan dan kesejahteraan petani dan Masyarakat. Mereka juga sudah mulai membuat kompos mereka sendiri dan memilki tempat pengolahan kompos sendiri.

Kegiatan pencampuran pupuk organik Rumah Bio Indonesia

Demplot produk kami disambut baik oleh penduduk Desa Sidorejo, mereka yang mulai beralih ke pertanian organik sangat menyambut baik kedatangan kami untuk melaksanakan demplot disana. Produk-produk kami yang kami anjurkan mulai dari pupuk hayati cair, organik padat dan juga insektisida organic penggunaan feromon dan pestisida nabati untuk pengendalian hama.

Foto diatas merupakan hasil tangkapan hama Penggerek batang padi kuning (PBPK). Penggunaan perangkap  beserta feromon, memudahkan petani untuk mengontrol serangan hama dan jumlah populasi yang ada di lahan. Sehingga diharapkan petani dapat mampu mengurangi penggunaan aplikasi pestisida di lahan. Harapan kami agar demplot ini dapat sukses sehingga dapat memudahkan petani dari segi penyuburan dan Kesehatan tanah begitu juga untuk menanggulangi hama dan penyakit. Sehingga penduduk sidorejo tidak lagi mengalami kegalalan panen.

Tidak ada komentar

Tinggalkan komentar