Aplikasi Pengendali Hama Penggerek Batang Padi Kuning Pada Tanaman Padi di Kecamatan Kedungtuban, Blora, Jawa Tengah

13
Feb 2024
Kategori : Article
Penulis : admin
Dilihat :98x

Tanaman padi merupakan salah satu tanaman yang sangat penting dalam sektor pertanian. Tanaman padi ini bisa digunakan sebagai pangan maupun pakan. Selain memiliki gizi yang baik, padi juga memiliki sumber karbohidrat dan protein. Di Indonesia padi merupakan salah satu jenis tanaman pangan yang paling banyak diminati masyarakat. Oleh karena itu, permintaan padi setiap tahunnya semakin meningkat.

Seiring meningkatnya jumlah produksi tanaman padi, tentunya banyak masalah yang dihadapi di lapangan yang dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman padi terganggu sehingga menurunkan produksi tanaman. menurunnya produksi tanaman salah satunya disebabkan oleh serangan hama yang dapat menyebabkan produktivitasnya menurun bahkan sampai gagal panen. Salah satu hama yang sering ditemukan pada tanaman padi adalah hama penggerek batang padi kuning. Penggerek batang padi kuning ini dapat menyerang tanaman padi sejak di persemaian hingga panen.

Salah satu cara untuk mengendalikan hama penggerek batang padi kuning dengan menggunakan feromon Dollat. Feromon serangga ini dapat diimplementasikan langsung di lapangan untuk mengendalikan populasi serangga. Pemakaian Dollat dalam pengendalian Hama Penggerak Batang Padi dapat menurunkan serangan hama di area lahan pertanian dikarenakan banyaknya serangga jantan yang tertangkap maka perkawinan tidak terjadi, sehingga populasi serangga hama dapat menurun. Selain itu, Feromon Dollat sangat efisien, ramah lingkungan, tidak beracun, tidak membunuh musuh alami, mudah digunakan dan tidak membahayakan hasil panen.

Tidak ada komentar

Tinggalkan komentar